Thursday, August 21, 2008

APAKAH E-MAIL ITU?

APAKAH E-MAIL ITU?

Sinung Rahardjo,Bogor

Jaman masih usum kentongan, orang menganggap tidak perlu pakai tilpun. Meningkat ke fax, timbul pertanyaan apa perlunya fax. Sekarang mulai ada internet timbul pertanyaan lagi e-mail atau electronic mail kuwi jenis panganan apa. Ini ada beberapa tanggapan dari para anggauta dewan yang terhormat, jenis macam apa E-mail itu.

Kisah Nyata Anggota-Anggota Dewan yang berbicara tentang "EMAIL". SAMARINDA, 20 February 2007.

"Saya pernah punya, tapi sudah dijual," ujar Didik Sugiarto, anggota Komisi D dari Fraksi AKU dengan gaya meyakinkan seolah-olah e-mail adalah barang berwujud fisik yang bisa dipindah tangankan.

Wakil Ketua Dewan, Hairul Anwar setali tiga uang. Awalnya jawabannya terasa wajar, namun belakangan sama sekali tidak 'nyambung. "Secara pribadi saya belum memilikinya. Bukannya saya tidak mampu untuk memilikinya, namun saya masih cinta produk dalam negeri," katanya seolah-seolah e-mail adalah barang dari luar negeri. "Buat apa kita membanggakan produk luar, lihat saja HP (handphone) saya masih model lama,"tutumya sok yakin.

H.Nichan : "Apa itu email? Saya belum punya e-mail karena masih kurang paham teknologi macam itu. Kalau keinginan punya ada, Cuma untuk mengoperasikan kamputer saja saya mesti tanya sana sini. Dilingkungan Dewan ini sebenarnya sudah ada, tapi sampai sekarang tidak dioperasikan karena tidak ada yang menggunakan"

Blasius Watu : "Sekarang ini belum punya, sebab saya tidak ingin punya nafsu besar untuk memilikinya namun tidak ada waktu untuk melihatnya".

Riyanto Rais : "E-mail memang perlu dan ini akan menjadi masukan buat kami untuk secepatnya mengadakan internet di tempat kami. Dulu sempat pasang di secretariat tapi nggak tahu kemudian tidak bisa diakses lagi'.

Sedangkan Sabri dan Sukardi Surbakti yang mengakui memang penting memiliki e-mail, dan berkeinginan membuatnya, namun di rumah keduanya tidak ada akses telepon. "Di Palaran memang betum ada," kata Sukardi menyebut domisilinya diderah Kaltim. ³

Disadur dari :
Tabloid NglungsungI

No comments: